« Home | negara kaya yg terbengkalai » 

Friday, June 03, 2005 

matlab untuk oseanografer

Kebayang jaman dulu saya masih kuliah (era 90-an), bikin program utk ngolah data pakai fortran atau turbo pascal, kadang2 ruwetnya minta ampun... atau kadang2 pakai lotus 123, juga ruwetnya lumayan minta ampun, apalagi kalau datanya lumayan banyak... Sekarang bagaimana? Sekarang saya udah nggak pernah lagi pakai kedua software itu, saya beralih ke matlab. Lebih cepat, gampang dan powerful! Kalau meniru bahasa iklan "sudah putus hubungan dengan fortran, turbo pascal dan lotus atau excel!".

Dalam bidang kerja saya, mengolah data adalah pekerjaan yang gampang2 susah tapi harus dijalanin. Bagaimana mungkin kita bisa menganalisis suatu fenomena kalau kita tidak mau atau tidak bisa mengolah datanya? Sejauh pengamatan saya selama tinggal di Hamburg ini, kebanyakan oseanografer menggunakan matlab utk keperluan itu. Termasuk juga di kapal2 riset.

Saya sendiri pertama kali mengenal matlab ketika ada kursus pengolahan data oseanografi di tempat kerja saya di jakarta tahun 1998. Pengajarnya seorang peneliti oseanografi dari Prancis. Waktu itu saya sama sekali belum pernah tahu seperti apa matlab itu, hanya sering2 denger aja. Eh ternyata, dalam kursus yang hanya seminggu itu, saya merasakan bahwa matlab jauh lebih memudahkan pekerjaan saya dalam mengolah data. Mulai saat itu saya konsentrasikan untuk lebih mengenal matlab secara lebih dekat agar tumbuh rasa cinta (bak pepatah: tak kenal maka tak sayang, jadi harus kenal dulu supaya tumbuh rasa sayang).

Banyak hal yang dapat memudahkan kita untuk mengolah data dalam matlab, apalagi jika kita bekerja pada jumlah stasiun pengamatan yang sangat banyak. Selain itu, segala jenis format data yang ada dalam bidang oseanografi bisa ditangani oleh matlab dengan sangat sederhana. Untuk anda yang sering surfing di internet untuk mencari data oseanografi atau meteorologi global, mungkin pernah mendengar format data hdf, netcdf, dll. Itu semua tidak masalah dalam mengolahnya atau hanya sekedar menampilkan gambarnya di layar monitor kita.

Mungkin nanti kalau sudah ada waktu luang, akan saya tuliskan hal2 tersebut dalam blog ini. Sekarang saya masih sibuk dengan program asimilasi data dalam model pasang surut. Mungkin nanti saya akan ceritakan juga sedikit tentang model asimilasi data ini. Menarik sekali kalau saya bilang. Selama ini, dalam bidang oseanografi, terutama di Indonesia, asimilasi data dalam model numerik masih minim dilakukan. Padahal itu adalah pekerjaan yang sangat menantang dan mengasyikkan.

Pak Agus,
Mohon informasi tentang dimana dapat belajar Matlab di jakarta?
Adakah semacam kursus demikian pak??
Terima kasih atas tanggapannya.

Salam
Yudi

duh ... sudah lama gak dengar lagi sama yang namanya matlab, akhirnya nemu juga disini

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares