« Home | matlab untuk oseanografer » | negara kaya yg terbengkalai » 

Friday, June 03, 2005 

model numerik utk oseanografi

Dalam bidang oseanografi, pemodelan numerik merupakan bidang yang saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Jika kita lihat di Ocean/Atmosphere Circulation Modeling Projects, kita akan dapatkan sekian banyak list model numerik oseanografi (umumnya 3-dimensi) dari berbagai perguruan tinggi terkenal di dunia. Ada yang bisa didapatkan dengan cara gratis dan ada pula juga yang bersifat komersial. Ada yang menggunakan metode beda hingga, metode elemen hingga, dll.

Bagi saya, hal itu sungguh sangat menyenangkan. Artinya, saya tidak perlu menyisihkan banyak waktu untuk membangun model sendiri. Yang saya perlukan adalah memilih satu model yang saya anggap memadai dan mencoba untuk mempelajari secara lebih detail dan jika sudah menguasai sepenuhnya, bisa saya coba terapkan untuk suatu daerah penelitian (sintetik maupun real) untuk mengetahui secara lebih jelas hal-hal yang berkaitan dengan fenomena oseanografi.

Hal yang kita perlukan untuk keperluan ini saya kira tidak begitu mahal. Kita bisa memanfaatkan PC yang kita punyai. Karena hampir semua model dibuat dalam bahasa fortran, dan untuk membeli fortran yang komersial buat level peneliti seperti saya ini nggak bakalan bisa, maka kita gunakan saja sistem operasi linux dimana di sana tersedia compiler fortran gratis. Selanjutnya, hal yang perlu banyak kita sediakan adalah waktu yang cukup untuk bereksperimen. Jadi kalau peneliti seperti saya ini, ya mengurangi sedikit waktu untuk cari proyek di luar, atau kalau itu nggak mungkin (bisa-bisa dapur berhenti ngebul), ya dikurangilah jam tidurnya (dibelain lah, demi kemajuan ilmu pengetahuan yang kita miliki).

Pada tahap awal, jangan lakukan percobaan untuk kondisi yang kompleks. Mulailah dengan suatu kanal sederhana dengan kedalaman yang homogen dan ukuran daerah model yang tidak terlalu besar. Mengapa demikian? Karena ini akan menghemat waktu kita (hanya memerlukan cpu time yang sedikit) dan sekaligus juga akan memudahkan kita dalam menganalisis hasilnya sesuai dengan teori yang ada dan pernah kita pelajari.

Jadi... tertarik untuk mencoba? Mudahan saya punya waktu lebih deh nanti untuk mengulas salah satu model numerik yang pernah saya coba.

My Digest