« Home | Trotoar » | Luxus Leben » | Hikmah Republika hari ini » | Udin dan Ulama » | Proses Terciptanya Alam Semesta Menurut Al-Quran » | Konsekuensi Keimanan » | Fatamorgana 3-tas » | Diundang makan malam » | Kecanduan Internet? » | Apa hobby dan cita-cita mu? » 

Friday, July 29, 2005 

Firefox vs IE

Ini bukan artikel ilmiah ala ahli TI, cuman ungkapan pemakai aja. Saya buka www.kompas.com pakai Firefox. Di layar Firefox, ada beberapa link berita yang ternyata ketika mouse diarahkan ke link tersebut nggak keluar tanda kalau link tersebut bisa dibuka (gambar jari tangan biasanya, padahal itu link beritanya aktif). Saya penasaran, dalam hati mikir "nggak mungkin kan kompas ngasih link berita tapi nggak bisa diklik?" (kalau link beritanya bisa diklik dan keluar layar kosong itu lain perkara). Akhirnya saya buka pakai IE, eh ternyata link berita itu bisa diklik tuh! Keluar lagi beritanya... Ini siapa yang salah yah? Kompas bikin website-nya yang nggak standar atau Firefox-nya?

Di lain kesempatan saya buka sebuah blog pakai IE, eh koq tampilannya ada yang sedikit nggak enak di mata. Saya penasaran, saya buka blog itu pakai Firefox, lho koq keluarnya bagus? Saya tanya ke yang bikin blog, katanya kecuali di IE, tampilan blognya bagus di software penjelajah situs yang lainnya.

Tapi ini asli yang paling mengganggu pakai software penjelajah situs apapun, kalau buka www.kompas.com, flash iklannya suka menutupi paragraf pertama berita yang ada. Jadinya sebel membacanya dan suka bikin hilang mood. Kasus lain, kalau buka detik.com, dari awal mata sudah terganggu dengan flash iklan yang amit-amit banyaknya, berkerlap-kerlip dan bergoyang-goyang. Tapi ada juga web berita yang masih enak untuk tempat baca-baca berita seperti republika.co.id. Nggak banyak iklannya.

Ada yang bisa kasih saran ke saya kira-kira gimana supaya iklan yang kerlap-kerlip, bergoyang-goyang, dan menutupi artikel nggak bikin mengganggu? (tentunya selain saran "jangan kunjungi situs berita itu").

mas mas yang dikeluhin tuh IE vs Firefox atau ngilangin iklan neh? bingung neh vi3.. :D

@vi3: hehehe... cuman mau sharing masalah Vi, siapa tahu aja ada pembaca yg punya tips, biar dibagi2 ke saya.

Kalo mau 'bersahabat' dengan tampilan flash paling enak sih browser-nya pake Firefox terus install addons-nya, namanya FlashBlock. Kalo pake FlashBlock, konten flash gak tampil, tapi kalo kita pas pengen ngeliat isi flash-nya (misalnya pas mau ngeliat youtube), tinggal klik tanda Play-nya. Gampang dan praktis...

Kalo mau disable flash di Opera juga bisa tinggal klik option-nya ajah cuma gak bisa senyaman Firefox kalo pas butuh mau ngeliat flash-nya. Pake IE juga bisa diilangin flash-nya, cuma musti sedikit ngedit registry, yang ini paling repot. Yah... namanya juga produk Microsoft emang musti repot...

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares