« Home | Inpres Hemat Energi Dikeluarkan » | Selamat... » | Breaking News: Generasi Tulalit » | Koleksi perangko bekas dan kartu pos » | Gempita menjelang Piala Dunia 2006 » | Agustusan di luar negeri » | kampanye terumbu karang » | turut berduka cita » | tips matlab (2) - baca/simpan bagian 1 » | tips matlab (1) » 

Sunday, July 10, 2005 

Nostalgia : Film Ghost

GhostMalam ini, Minggu 10 Juli 2005, di stasiun TV SAT1 (Jerman) diputar film Ghost yang dulu ketika saya masih kuliah di Bandung (tahun 90-an) sempat ngetop. Salah satu indikator kengetopan dari film ini adalah kegandrungan sebagian besar perempuan di Indonesia untuk meniru model rambut Demi Moore yang memerankan Molly. Kalau tidak salah, ada juga teman satu angkatan saya kuliah yang menjadi korban Demi Moore ini. Indikator lainnya adalah populernya lagu Unchained Melody yang dinyanyikan oleh The Righteous Brothers dimana banyak permintaan dari pendengar radio di Bandung untuk diputarkan lagu itu.

Film ini diperankan oleh Patrick Swayze sebagai Sam Wheat, Demi Moore sebagai Molly Jensen, Whoopi Goldberg sebagai Oda May Brown, dan Tony Goldwyn sebagai Carl Bruner. Whoopi Goldberg sendiri berhasil mendapatkan piala Oscar sebagai pemeran pembantu dalam film ini.

Film ini bertema cinta, bercerita tentang hal-hal supranatural (arwah dan kematian) dan misteri pembunuhan, dengan bumbu komedi. Cerita diawali dengan pasangan Sam dan Molly yang dibantu oleh teman baik mereka Carl yang 'menyulap' sebuah bangunan tua menjadi sebuah apartemen yang nyaman. Bagian romantis dari film ini dimulai ketika Molly yang tak bisa tidur dan kemudian membuat kerajinan dari tanah liat 'diganggu' oleh Sam dengan iringan lagu Unchained Melody.

Namun selanjutnya, suasana romantis dalam film ini berubah menjadi suasana supranatural, misterius dan 'kocak' ketika pada suatu malam Sam terbunuh dalam aksi melawan perampok ketika tengah berjalan berdua bersama Molly menuju ke apartemen mereka. Arwah Sam yang terkejut mendapati tubuhnya yang telah mati terus mengikuti Molly ke apartemennya. Perampok yang membunuhnya kembali ke apartemen mereka dan mencoba mencari sesuatu di sana, namun kabur melarikan diri ketika mendapat cakaran dari kucing Molly.

Sam terus mengikuti sang pembunuh hingga ke apartemennya dan mengetahui nama sang pembunuh tersebut dari nama yang ada di pintu depan apartemen. Selanjutnya Sam mencoba mencari pertolongan kepada seorang ahli spiritual bernama Oda May Brown. Mulai dari bagian pertemuan antara Sam dan Oda May inilah kejadian-kejadian kocak terjadi. Salah satu kejadian yang cukup kocak adalah ketika Oda May yang disuruh oleh Sam untuk menjadi Rita Miller mencairkan uang di Bank sebesar 4 juta Dolar dan menyumbangkannya ke biarawati yang sedang mencari dana. Pada saat disuruh menyerahkan cek sebesar 4 juta Dolar tersebut, tangannya tak mau melepaskannya hingga harus dipaksa-paksa oleh Sam, saking shoknya baru bisa memegang cek senilai 4 juta Dolar eh sudah harus melepaskannya pada saat itu juga.

Sisi supranatural dari film ini adalah pada penggambaran mengenai kematian. Dalam film ini, orang jahat yang mati arwahnya akan diambil secara menyakitkan oleh bayangan-bayangan hitam sementara itu orang-orang baik arwahnya akan disambut oleh cahaya berwarna putih. Namun demikian visualisasi yang diberikan tidaklah vulgar dan sadis dan tidak seperti yang sering kita temukan dalam sinetron-sinetron Indonesia. Dengan penggambaran yang demikian saja sebenarnya penonton sudah bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Di Jerman ini, memang seringkali diputar film-film lama yang cukup bagus pada jamannya. Salah satu film yang juga diperankan oleh Patrick Swayze yang saya sukai dan pernah diputar ulang di TV Jerman adalah Dirty Dancing.

*sumber gambar: http://www.sozialprojekte.de/*

saya termasuk loh mas yg kena demam model rambut ini he he he... di kanal 3 sini selama musim panas diputer film2 lama (ga lama2 amat sie tapi yg bagus2 dijamannya)sayangnya terlalu malem pk 11. kadang dibelain2 tuh nontonnya :D

mas daku liat dikau ga ada sb-nya yach... pake dunk biar asyik klo mo se helo. ok de hev e nais mande yach..

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares