« Home | percontohan » | Fliegen zum Taxipreise » | Roma kota Romawi dan Venesia kota Air » | pesta musim panas "Indianer" » | ni londo dapet hadiah » | WWF dan seafood » | negara anggota OPEC koq ngantri BBM » | tentang sektor kelautan » | beberapa keajaiban air » | sejarah terbentuknya laut » 

Wednesday, July 06, 2005 

rapor hasna

Hari Senin, 27 Juni 2005 Hasna menerima rapor kenaikan kelasnya. Dia naik ke kelas 3. Rapornya sendiri bukan berisi angka-angka seperti di Indonesia, tapi hanya berupa deskripsi perkembangan anak dalam berbagai aspek yang diamati oleh si guru selama di sekolah.

Berikut adalah ringkasan rapor Hasna yang telah diterjemahkan oleh Ni Londo:

Selama satu tahun ini, kepribadiannya berkembang dengan sangat positif (große Fortschritte).

Hasna suka main ama Mädchen2 lain dan menjadi lebih lebhaft (tidak pendiam, secara implisit katanya: dulu Hasna kurang aktif ikut bermain sama anak2 lain, sekarang udah aktif dan sicher dalam main sama anak2 lain). Tapi tetap Hasna tidak begitu suka kalau jadi fokusnya orang banyak.

Secara lisan, kalau jawab di kelas, Hasna sekarang sudah bicara dengan jelas (secara implisit: dulu Hasna kalau jawab di kelas, bicaranya terlalu leise dan susah didengar).

Hasna paling suka menjawab pertanyaan yang jawabannya pendek dan jelas. Hasna menghindari untuk menjawab kalau memerlukan keterangan lebih lanjut, misalnya im Sachunterricht.

Hampir tidak ada lagi masalah dalam pengertian bhs Jerman. Kalau menulis, kalimatnya rata2 betul secara gramatis. Hanya Vergangenheitsform der unregelmäßigen Verben belum dikuasai.

Hasna sudah bisa menulis cerita pendek yang lively dan memperhatikan Rechtschreibregeln yang sudah dipelajarinya. Bentuk tulisan tangannya indah dan gerakan menulisnya sicher. Catatan dalam Heft selalu rapi.

Hasna bisa membaca sendiri teks yang agak panjang dalam waktu yang lumayan cepat. Dia juga bisa mengingat dan mengerti apa yang dibacanya. Hasna bisa membacakan teks yang sudah dilatih dulu dengan jelas, dan kadang2 juga Betonungnya berhasil jadi bagus.

Dalam Fach Mathematik Hasna sudah menguasai dengan sicher angka sampai 100. Addieren und substrahieren mit Zehnerüberschreitung selalu tanpa kesalahan. Hampir seluruh Einmaleins dikuasai dengan sicher. (secara implisit: masih ada beberapa Einmaleins yang masih kurang dikuasai). Tidak ada masalah dengan Uhrzeit dan jumlah uang, dan juga Textaufgabe diselesaikan dengan bagus.

Pembicaraan dan keterangan dalam Sachunterricht diikuti dengan konsentrasi, tetapi tidak diikuti dengan aktif dan lisan (memberi jawaban). Tugas menulis diselesaikan dengan cepat, betul dan biasanya dengan teliti.

Semua tugas Stations- und Werkstattarbeit dikerjakan dengan bertujuan dan mandiri. Hasna menggunakan waktu itu sesuai dengan tujuan Fach ini untuk memperdalam bahan pelajaran yang diberikan, dan sering juga membantu murid lain.

Kalau Malen und Basteln, hasilnya rapi dan indah. Hasna memperlihatkan banyak "feeling" untuk warna kalau Tuschen, dan sangat menyadari susunan gambarnya.

Sportunterricht: sekarang Hasna sudah jauh lebih aktif dibandingkan kelas satu. Hasna menikmati untuk bergerak dalam ruang besar dan langsung mengerti aturan main baru, yang selalu diikuti tanpa masalah.

Musik: teks dan melodi cepat diterima/dimengerti. Sebagai tambahan untuk Musikunterricht, Hasna secara rutin ikut Chor. Hasna juga suka ikut Musiktherapie sekali seminggu. Hasna juga ikut kursus pilihan wajib Sticken dan Malen mit Musik.

*selamat ya Hasna, rapornya bagus kata Ni Londo*

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares