« Home | Posting dgn Firefox » | Hari ini aku berpuisi » | Mood yang Hilang » | Amerika dan Papua » | Ali... Ali... » | Firefox vs IE » | Trotoar » | Luxus Leben » | Hikmah Republika hari ini » | Udin dan Ulama » 

Thursday, August 04, 2005 

Word's file corrupt!

Pernah punya pengalaman file word yang kita punya nggak bisa dibuka karena korup? Saya pernah. Tadinya pusing delapan keliling (tujuh keliling + 1 bonus menjelang HUT RI) dan shock. Mana nggak punya salinannya lagi. Akhirnya nge-googling, cari program yang bisa mbenerin file word yang korup. Kata kunci yang dipakai "word+corrupt+recover". Banyak keluar list software yang bisa di download utk free trial. Coba download (bahasa Indonesia bakunya: unduh), install dan jalankan. Bisa jalan dan membuka file word yang korup (udah mulai seneng deh), klik menu recover, ngek-ngok, suruh purchase dulu. Free trial nggak bisa buat recover. Gile! Kalau harganya US$1 sih ok, tapi kalau udah puluhan menuju ratusan dolar, lebih baik filenya dihapus aja deh... (lebih sayang uang daripada file ya? dasar pelit kaya Pak Raden!).

Akhirnya otak di kepala memanas, berputar mencari akal (makanya rambut bagian jidat sempet rontok, otak di overclock tapi jumlah kipas pendinginnya kurang). Si akal nggak ketemu juga. Terus dicari, nggak ketemu-ketemu juga. Udah otaknya panas, keringet mulai keluar. Nggak mau kehilangan file, tapi nggak mau juga keluar uang buat beli program word recover.

Akhirnya datang pertolongan yang nggak disangka-sangka. Sebuah ide muncul. Dari windows explorer, saya klik file word yang korup dan kemudian klik mouse kanan, pilih menu send to dan pilih WordPad. Eng-ing-eng, happy end! File wordnya bisa dibuka! Keringat di badan berhenti mengucur, kepala juga mulai mendingin karena otak mulai memperlambat putarannya (padahal otak nggak berputar lho! Itu saya aja yang terlalu berlebihan menggunakan kata kiasan). Untung belum beli software mahal (untung akal sehat masih jalan ya? eh padahal bukannya si akal dari tadi dicariin? ya itu, karena si akal masih jalan, jadi dicari-cari nggak ketemu, soalnya masih di jalan).

Jadi begitulah, setelah kesukaran selalu ada kemudahan!

Jika file word anda korup, jangan bingung dulu. Cobalah cara saya di atas. Kalau nggak mempan juga, carilah cara yang lain.

Eh tunggu, ada pertanyaan: kalau yang korup pejabat negara gimana? ya pakai cara yang sama dengan cara di atas, klik pejabat yang korup, klik mouse kanan, pilih send to, dan pilih Nusa Kambangan. Beres kan? Gitu aja koq repot!

Hloh?? Bisa yah...? Saya juga baru tahu. Biar ga cepet panas, overclocknya pake software aja mas, jangan hardware-nya yang dioverclock :P

Post a Comment

My Digest