« Home | Trik Bisnis kah? » | Hidup » | Foto memoto » | Bunga » | Karnaval Kebudayaan di Hamburg » | Chiklit » | Hasna Kecil » | Nostalgia masa muda » | Cinta Buta » | Cover Girl » 

Saturday, September 17, 2005 

Google AdSense

Penasaran, pingin coba Google AdSense, kira-kira bisa menghasilkan uang apa nggak ya? hehehe... Kayaknya sih nggak, wong blog saya paling yang ngunjungin cuman beberapa gelintir blogger yang sudah biasa saling mengunjungi aja. Ditambah lagi, isinya Bahasa Indonesia dan nggak mutu lagi... hehehe...

Yang bikin susah dari pemasangan Google AdSense ini sebenarnya pemilihan tempat, mau dimana ya dipasang iklannya? Soalnya mesti ada sedikit usaha merubah template yang ada. Sayangnya, saya tipe orang yang kurang bisa berimprovisasi dalam urusan mendesain dan merubah template, ditambah lagi tidak punya jiwa seni buat masang iklan yang strategis dan enak dilihat mata... Wis, pokoknya nggak mutu lah!

Ya, saya coba aja deh. Kalau nanti saya merasa terganggu dengan iklan-iklan yang ada, ya tinggal dihapus aja toh... Kata Gus Dur juga: "gitu aja koq repot!"

Ngomong-ngomong, gimana ya kabarnya Gus Dur? Sudah lama nih nggak ndenger kabarnya. Salam aja deh kalau ada pembaca postingan ini yang kebetulan tetanggaan sama Gus Dur. Salam kompak (kaya acara request lagu di radio aja...).

*update*
Ribet juga kalau udah berurusan dengan rubah-merubah template. Hasilnya ok di Firefox, eh ternyata nggak cukup ok di IE. Jadinya saya mesti "berpikir keras" gimana supaya di kedua "alat penjelajah" itu tampilan blog saya bisa "lumayan ok".

Untung ada mas google, jadi kalau ada pertanyaan di benak tentang bagaimana caranya mengatasi permasalahan "penampilan" ini, ya tinggal search aja dengan kata kunci yang dimaui. Kayaknya sih sekarang tampilannya udah lumayan ok di kedua software itu. Semoga!

*update lagi*
Well, ternyata kalau isi blog pake Bahasa Indonesia, iklan yang nongol cuman iklan layanan masyarakat. Saya coba bereksperimen dengan 3 blog yang saya punyai, blog ini, oseanografi, dan kangtustel. Dua blog pertama menggunakan Bahasa Indonesia (yang oseanografi khusus diisi dengan artikel yang berhubungan dengan bidang oseanografi), sementara blog ke-3 menggunakan Bahasa Inggris (khusus untuk koleksi foto-foto saya). Ternyata, iklan yang muncul di blog berbahasa Inggris lebih bervariasi dan bukan melulu iklan layanan masyarakat, sementara itu di blog dengan artikel berbahasa Indonesia yang muncul hanya banner iklan layanan masyarakat :D

Kesimpulannya, bener seperti pesan yang ditulis Ozzie, setidaknya saya harus bikin blog berbahasa Inggris supaya Google AdSense bisa menghasilkan Euro atau Dolar yang signifikan dan bukan hanya $0.0 aja! Nah, sekarang saya sedang mencoba mempelajari trik-trik tentang bagaimana memaksimalkan Google AdSense dari AdSense-ID Forum. So, I should learn how to be a Google AdSense expert! ;)

Kalo buat orang indonesia, kayaknya Adsense belom menghasilkan (kecuali situsnya internasional). Mendingan bayarnya bulanan, jangan per klik :)

hayoo bangkit.. jangan putus asaaaa

hehe.. yg penting usaha ya, gus.

Post a Comment

My Digest