« Home | Lap Makan dari Kaos Bekas » | Akal dan Nafsu » | Hak Orang Miskin » | Angsa Alster » | tes vblog » | Mempertanyakan elit kekuasaan » | Batik dan Hemat » | BBM, bersama kita bisa! » | PDL: Payah Deh Lu! » | Ngelantur... » 

Monday, October 31, 2005 

Selamat Idul Fitri

Menarik membaca MoonSighting berkaitan dengan penentuan awal Ramadan 1426H kemarin.

Di Nigeria ada orang yang bersaksi telah melihat bulan baru pada tgl. 2 Oktober 2005, saat dimana, menurut perhitungan, bulan baru belum lahir. Dari kesaksian itulah, maka Nigeria memulai puasa Ramadan pada tgl. 3 Oktober 2005.

Di Eropa, pengamat dari UK menyatakan tidak bisa melihat bulan pada tgl. 3 Oktober 2005, juga pengamat dari San Fransisco, Amerika. Namun demikian beberapa negara di Eropa, juga di jazirah Arab memutuskan awal Ramadan jatuh pada tanggal 4 Oktober 2005 mengikuti keputusan pemerintah Arab Saudi.

Pada tgl. 4 Oktober 2005, pengamat dari beberapa tempat di dunia seperti Australia, Afrika dan Amerika melaporkan dapat melihat bulan baru baik dengan mata telanjang maupun dengan bantuan alat. Sementara itu di beberapa negara di Asia seperti Malaysia dan Pakistan, negara2 di jazirah Arab dan beberapa negara di Eropa seperti UK dan Jerman, pengamat melaporkan tidak bisa melihat bulan baru. Namun demikian, meskipun tidak bisa melihat bulan baru, beberapa negara tetap memutuskan awal Ramadan jatuh pada tgl. 5 Oktober 2005, bahkan ada yang sudah memulainya pada tgl. 4 Oktober 2005 mengikuti keputusan pemerintah Arab Saudi.

Yang lebih menarik lagi, ada pengamat dari Uni Emirat Arab yg melaporkan baru melihat bulan baru pada tgl. 5 Oktober 2005, tetapi negaranya telah memutuskan awal puasa Ramadan pada tgl. 4 Oktober 2005 karena mengikuti keputusan pemerintah Arab Saudi.

Adapun negara-negara yang mengawali puasa Ramadan pd. tgl. 6 Oktober 2005 adalah India, Pakistan dan Bangladesh.

Sekarang, mari kita tunggu saat-saat penentuan awal Syawal 1426 H. Jika mengacu kepada perhitungan MoonCalc, secara astronomis, bulan baru akan lahir pd. tgl. 2 November 2005 pkl. 1:25 UTC. Posisi bulan saat ini berada di Bumi Belahan Selatan (BBS), sehingga untuk wilayah yang berada di selatan ekuator seperti Amerika Selatan dan Afrika Selatan ada kemungkinan dapat melihatnya (baik dgn mata telanjang maupun menggunakan binokuler), namun dengan tingkat kesulitan yang relatif tinggi mengingat waktu antara matahari dan bulan tenggelam hanya 25 menit saja, dimana, karena pengaruh hamburan cahaya matahari oleh atmosfer, langit pada saat itu masih akan terlihat terang. Sementara itu, utk negara2 yg berada di Bumi Belahan Utara (BBU) atau di utara ekuator, meskipun umur bulan baru sudah cukup tua (>24 jam), belum tentu pengamat bisa melihatnya akibat posisi bulan yang berada di BBS.

Kemungkinan besar untuk dapat melihat bulan baru di seluruh tempat di Bumi adalah tgl. 3 November 2005 dimana umur bulan sudah cukup tua (>24 jam). Sehingga dengan demikian Iedul Fitri di banyak tempat di muka Bumi diperkirakan akan jatuh pada tgl. 4 November 2005.

Selamat Idul Fitri 1426 H, mohon maaf lahir dan batin.

Update:
Di Hamburg, kemungkinan besar Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 3 November 2005. Shalat Ied untuk warga negara Indonesia insya-Allah akan diadakan di KJRI Hamburg pukul 09:30 waktu Hamburg dilanjutkan dengan Halal bil Halal pukul 12:00 s.d. 16:00.

Taqobbalallahu Minna Wa Minkum,

Engga mudik nih Mas Agus?

Taqaballahu Minna Wa Minkum ,

saya juga minta maaf Pak ,jika selama ini ada khilaf saya dalam berinteraksi dengan Sampeyan.

Mas, Mohon Maaf Lahir dan Batin, apabila selama ini saya ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja...

Mohon Maaf Lahir dan Batin juga untuk Mbak Mutiara dan Bilah yah...

Bagi donk ketupat yang unik itu...;-)

saya juga mengucapkan Selamat Idul Fitri buat Mas Agus, Mbak Mutiara dan Bilah, mohon maaf lahir batin.

assalamualaikum mas agus, mohon maaf baru mampir2 lagi... sempet off beberapa saat :)

eiya jadi lebarannya kira2 tgl 4 november ya? wah daku mesti tanya lagi nie sama imam disini. keknya kemarin itu omong2annya diperkirakannya tgl 3 november besok. tx to share it with us ya...

pada kesempatan ini kami sekeluarga mengucapkan selamat idul fitri 1426 h, minal aizin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin, mohon dimaafkan klo slama ini ada salah2 tulis yaaa :D juga untuk mbak putri dan hasna

mas agus daku mau ngapdet juga nieee: lebarannya positif besok. kita sholatnya pk. 9

belum kebayang nie suasananya pijimana. taun lalu pengen sholat di kbri gagal. taun ini ga ke kbri, bis jaraknya cukup jauh. tanya2 katanya bahasa pengantarnya arab dan basa swedia... untung ada basa swedia jadi masih ngerti klo nanti dengerin kotbah :D

Mohon maaf lahir batin kalo aku ada sala2 kominter baik disengaja (krn gila) atopun tidak disengaja (krn berhalusinasi) Hehehehe... Salam buat Mbak Putri and Hasna.

Met Hari Raya Idul Fitri.

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares