« Home | Religiositas » | Pengungkapan Cinta » | Pertanyaan Kritis Seputar Agama » | PT. Pos Indonesia, Apa Kabar? » | Agenda Penting Hamburg » | Id Mubarak 1426 H » | Selamat Idul Fitri » | Lap Makan dari Kaos Bekas » | Akal dan Nafsu » | Hak Orang Miskin » 

Wednesday, November 16, 2005 

SMS Logat Bule

Pada telepon rumah yang kami pakai terdapat layanan untuk bisa menerima SMS dari Handy (istilah Hand Phone dalam Bahasa Jerman). Hanya saja, SMS yang diterima di pesawat telepon kami nantinya bukan dalam bentuk teks melainkan kata-kata yang mungkin diucapkan oleh operator atau mesin.

Yang menarik dari layanan SMS berbicara ini adalah logat si pembaca SMS. Sebagai pengguna, istri saya biasa menggunakan bahasa Indonesia dalam pesan yang dikirimkannya. Jadi, SMS yang akan saya dengar melalui pesawat telepon di rumah nanti adalah ucapan bahasa Indonesia dengan logat bule yang terbata-bata. Kadang-kadang ada beberapa kata yang sedikit tidak jelas pengucapannya, untung saja ada fasilitas untuk mengulang pesan yang diterima. Cukup geli juga jika mendengarkannya.

Kesalahan sebenarnya bukan pada operator atau mesin pembaca, tetapi pada pengirimnya yang iseng dan tetap nekat menggunakan bahasa Indonesia. Mungkin operator yang membaca pesan tersebut (dalam bayangan saya) sedikit mengerutkan dahinya sambil geleng-geleng kepala. Hitung-hitung, sambil belajar bahasa Indonesia ya mbak! :D

:) iya aku juga pernah dapet tuh pak agus...smsnya keliru dikirim ke festnetz. jadi deh aku bingung dengernya...:))

untungnya masuk mailbox...jadi bisa diualng..kedengeran kaya orang jepang tergagap gagap..:))

-ari-

jadi penasaran :D
yang iseng ngirim pake logat daerah yang kental nggak ?

** sambil ngebayangin logat jawa kental **

@doeljoni: hmm... ide bagus juga, mungkin bisa juga sekali-sekali dicoba pakai bahasa jawa... nanti deh dicoba pakai bahasa jawa banyumasan inyong-inyong...

saya juga mo coba sms pak agus ah kalo di jerman. sudah niat nih mo pake bahasa palembang campur jawa campur ambon campur sasak...hihihi. ah, nggak jadi...kasian, takut lidah operatornya kelipet-lipet...hahaha

apa kabar pak? pengen pempek ya? yaaah sudah abis...hehehe

pasti sering salah antara e pepet & e taling ya Mas?

wah wah wah.. canggih banget ya.. ada sms bersuara.. kok musti direkam ulang ama operatornya sih? gag langsung aja dari pengirim sms?

btw, vi3 tuh susah banget mo koment di sini.. untung hari ini gag kesulitan.. makasih ucapannya buat Galaxy..

Hloh... jadi itu bener - bener diucapkan oleh manusia toh? Masalah privasinya gimana?

@hani: sudah dicoba pakai bahasa jawa, hehehe... susah didengerin tuh pesennya apa, jadinya malah saya yg nanya ke istri saya: "tadi kirim sms apa?"

kabar saya baik-baik saja. btw, kapan nih mulai sekolah lagi? jadi kan ke ...*#?$% mana ya waktu itu, swedia?

@yanti: hehehe... saya aja udah lupa yang mana e pepet dan e tarung...

@vi3: suka susah kasih komen ya? sibuk kali ya banyak yg akses :P

@oskar: hehehe... kalau pakai bahasa indonesia, ya aman... tapi memang kalau pakai bahasa jerman ya operatornya jadi tahu... tapi ya kali cuek aja...

kok..jadi kayak pager..
masih inget nggak sama pager..??

@rahma: iya, hampir sama dengan pager, eh malah kayaknya kebalikannya pager deh. kalau pager kan, pesen disampaiin ke operator lewat telepon, nanti penerima membaca teks di pagernya. kalau ini teks dikirimkan lewat sms, penerima menerimanya dalam bentuk suara.

AFAIK sms dalam bentuk tulisan itu diteruskan setelah "dibaca/dialihkan dalam bentuk suara" oleh mesin (digital), bukan dibaca dan oleh orang. I, however, might be wrong.

@vsavitri: mungkin juga begitu, soalnya suara yg keluar membacakan pesan selalu sama.

suaranya cowok apa cewek? kalo emang diprogram pake mesin, bisa disetting dong ...
seru yah ...
btw, salam kenal
^_^

lupa ...
aku orang cilacap, lho ...
mo ber-inyong-inyong ria???

@reena: salam kenal juga. mungkin juga ya bisa diset? ntar deh dicari gimana cara ngesetnya.

wah, sekang Cilacap ya mbak? inyong sekang Kebasen... hehehe...

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares