« Home | Guyonan » | Array, Matlab dan Fortran » | Penampilan baru » | Indonesia Idol » | Joke dari milis » | Manusia dan Matematika » | Riset, cara mempelajari ciptaan-Nya » | Heboh Blogger Diciduk Polisi » | Kalau punya uang banyak » | Pemandangan luar jendela » 

Thursday, December 15, 2005 

Persepsi anak tentang peneliti

Baru-baru ini diadakan sebuah lomba seni lukis untuk anak 5 hingga 15 tahun oleh Badan Riset Norwegia dengan tema ilmuwan. Berbeda dengan hasil lomba sepuluh tahun yang lalu, hasil kali ini menunjukkan adanya pergeseran persepsi atau imajinasi anak tentang para ilmuwan.

Dalam lomba sebelumnya, kebanyakan anak mengimajinasikan ilmuwan sebagai stereotip orang yang "gila" dengan model rambut acak-acakan dan bergelut dengan tabung reaksi, seperti pada film Dr. Frankenstein. Selain itu, kebanyakan dari mereka digambarkan sebagai laki-laki. Pada hasil lomba kali ini, ilmuwan banyak digambarkan sebagai orang orang yang menggali tulang Dinosaurus di alam terbuka dan juga para peneliti Paus di laut. Selain itu, 30% nya digambarkan sebagai ilmuwan wanita.

Ketua Badan Riset Norwegia, Marianne L√łken, mengharapkan bahwa lukisan anak-anak dapat menggambarkan para ilmuwan dengan lebih realistis. Namun dia juga mengingatkan bahwa hasil yang diperoleh dari lomba ini hanya merupakan pengamatan informal terhadap persepsi anak tentang para ilmuwan.

Nah, bagaimana dengan persepsi atau imajinasi anda tentang para ilmuwan?

(Sumber: Nature)

Persepsi anak Norway ttg ilmuwan kan ada pausnya dan ceweknya. Wajar. Negara mereka kan deket ama laut dan sumber makanan utama mereka jg dari laut sekalipun masih kalah gila dari Jepun dalam memakan mahluk laut.

Cewe Norway lebih banyak yg skul daripada cowonya yg lebih menekuni atletik dan bola kaki.

Karena gw dari Indon, begini persepsi gw ttg ilmuwan klo disuruh gambarin ttg mereka seakan gw ini 5 taun.

Org yg duduk di meja (kosong) dgn tampang ketekuk dalam 13 sudut dan sibuk dgn notes kecil ngitung2 kebutuhan rumah tangga dan jadwal projek diluar yg kira2 bisa ngasapin dapur. Hahahahahhaha...

Moga2 Mas Agus balik ke Indon gak gitu. Hahahahahhaa....

ada dua tipe : kayak einstein atau kayak profesor lang-ling-lung (gyro) dari walt disney

hahaha

kalo vi3 mah mbayangin ilmuwan ya berkacamata dan selalu berkutat di lab.. pake jas lab gitu deh... dan serius...
duh plis deh.. gaul dikit napa..

btw, leot ijonya adem neh.. dan vi3 barusan minggu lalu kelar dtg bln... :p

@ricorea: halo ric, kemana aja nih? koq sepi sih blognya?

@agusset: Aku emang dah gak ke-mana2 lagi mas. Tapi masih banyak utang laporan hasil jalan2 itu. Hehehehe.. Ini masih ngelembur kok. Senin udah kelar semua. Mulai Senin nanti normal lagi ngeblog. :))

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares