« Home | Angie's blog » | Sudoku » | Coriolis force » | Still about Pornography Act draft » | The Hottest Issue: Pornography » | Meat Ball, Mr. Minister and Formalin » | Take a BREAK » | Playboy Indonesia edition » | Hundreds killed in Hajj stampede » | Cassette to mp3 » 

Thursday, January 26, 2006 

Expert status, what for?

I just discussed about the term "expert" with my wive. This discussion appears after we read a polemic about "expert" in a mailing list (milis) subscribed by her. One of the milis member, a Proffesor, said that in Indonesia a lot of people claim their selves as "experts", but honestly they are not realy "experts". Just claim their selves as experts, but actually do nothing and have no good scientific "international" publications. He argues that one factor to become "experts", scientists or researchers should have international publications, not just become a member of "international" or "regional" organisations.

Partly, (maybe) I agree with him but well I have also another opinion. Perhaps, have international publications are very important, and maybe can also indicating the quality, for scientists or researcher. But, how can we have good publications if do nothing or just doing "commercial" project and "instant" order from private companies or consultants?

Some of my friends said that now Bandung is very very dirty, garbage are everywhere. Moreover a friend teased that not only human got trouble with the waste, the flies also got headache and tired. As you know, in Bandung there is a famous Instititute of Technology named ITB. ITB has Departement of Environmental Technology with (I think) a lot of Doctors and Proffesors there, and I am realy sure they know very well about waste management and processing. I am also realy sure, they have a lot of publications in national and international scopes. The question is "how can the city that has a famous institute of technology with a lot of experts in environmental technology has a waste management and processing problem?"

Well, actually I still have no answer regarding to this question. But with this illustration I just want say that just claimed our selves as experts or relied on publications are not enough, we need more than that: responsibility, action and commitment.

sepakat!! jadi expert bukan hanya lewat tulisan tapi tunjukkan bahwa teori yang dikuasai bisa diterapkan dalam dunia nyata..
bukan begitu pak?

I'm quite allergic to this inflational presence of so-called "experts" with their (as I usually call it) "competence speak". It seems so easy to behave like an "expert", imitating the rules of "competence speak", making people think that you know "all" about the problem and you certainely know how to solve it, everything seems so easy and simple. But in reality, things are mostly more difficult than suggested in "competence speak". But as a so-called "expert", you have to show that you are in total control of the problem and certainely know the way out of it. There's no room left for questions, ambiguities, uncountable shadows of reality beyond the usual black-and-white of "competence speak".

btw... ttg katanya Bandung semakin kotor... itu yg selalu bikin heran, orang Indonesia begitu mementingkan kebersihan badan mereka (mandi beberapa kali sehari dsb.), sedangkan org bule kalau dibandingkan ama org Indonesia dalam hal ini agak jorok hehehe... mandi paling sekali sehari, sering juga dua hari sekali hehehe... Tapi di sisi lain, kenapa org Indonesia tidak begitu mementingkan kebersihan lingkungan di mana mereka hidup? Sedangkan org bule dalam hal ini over-sensitif... aneh ya?
Any expert out there to explain this?

I do strongly agree w/ u (all the writings).

Buat Ni Londo.
Iya. Org Indon itu bersih utk dirinya sendiri. Tapi org Indon itu paling egois dan paling gak tau etika sedunia.

Contoh.
Klo dirumah sendiri, sulit kita menemukan ada org Indon yg buang sampah sembarangan. Klo di luar rumahnya, se-akan2 dunia luar itu adalah tpt sampah bebas.

Klo rumah sendiri, diusahakan utk tetep terawat. Tapi coba rumah kontrakan, mau hancur juga gak peduli. Pengalaman pribadi pernah menyewakan rumah ke orang lain.

Dulu aku pikir krn Indon itu "miskin" makanya gak tau adat. Ehh... banyak kok org kaya yg juga lulusan luar negri gak tau adat.

Jadi, kayaknya karakter. Mungkin national character. Soalnya anggota keluarga saya aja ada yg pernah saya kemplang karena berprilaku egois begitu. Bersih cuman dirinya sendiri. Saya paling malas liat org sperti ini.

Ada kejadian lutju yg pernah saya alamin. Suatu ketika saya lagi makan ceker (kaki) ayam goreng kesukaan saya yang saya beli di pedagang ayam goreng pinggir jalan.

Sambil jalan pulang menuju rumah, saya makan itu ceker. Ternyata sebelum sampe rumah, gorengan ceker itu sudah habis. Tentu sisa ceker dan bungkusannya mesti saya buang kan.

Ketika lewat depan salah satu rumah saya melihat tong sampah yang dalam keadaan bersih. Otomatis saya buang sampah tersebut ke tong sampah itu.

Apa yg terjadi. Waktu itu saya tidak melihat pemilik rumah ada di depan rumahnya. Dia langsung memarahi saya karena membuang sampah ke dalam tong sampahnya. Saya bertanya karena merasa tong sampah tersebut berada di depan rumahnya dan tong sampah tersebut dibangung developer utk umum bukan utk rumah.

Saya tanya kemana saya harus membuang sampah tersebut. Dia bilang buang saja ke jalan. Trus saya tanya lagi. Lebih baik saya buang ke jalan daripada ke tong sampah? Dia jawab iya. Karena dia yg membayar iuran (pajak) sampah setiap bulannya. Bukan saya.

Akhirnya saya tanya bagaimana klo saya ingin membuang sampah di tong sampahnya. Dia jawab boleh tp bayar. Akhirnya saya memilih pergi dgn memungut sampah yg sudah saya buang ke tong sampahnya dan saya buang ke tong/tempat sampah lain.

@vi3:
Tahun lalu, setelah peristiwa tsunami, tiba2 bermunculan lah pakar tsunami dari dalam bumi Indonesia, ber bla bla bla ria ttg. tsunami di koran dan TV.

Saat ini banjir sedang "in", yakin deh, pakar atau expert banjir akan segera bermunculan ke permukaan bumi Indonesia dan menjadi selebriti...

@ni londo:
Hahaha... btw. di kantor saya di Jakarta, waktu reorganisasi kemarin (sebelum saya ke Jerman) orang bisa berbulan2 ngomongin tentang kompetensi dan sejenisnya (setiap ada rapat, pasti hal itu yang dibahas sambil makan gorengan).

Mengenai masalah sampah, saya juga nggak tahu gimana solusinya yang baik. Di tempat saya kerja di Jakarta ada juga bagian "clean technology" yang mencoba untuk memasyarakatkan pengolahan sampah skala desa atau kelurahan sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sayangnya, ternyata susah untuk memasyarakatkannya, disamping itu susah juga cari investor karena mesin pengolah sampah kan perlu uang juga utk membuatnya...

@ricorea:
Tempat sampah yang "bersih" lebih baik daripada harus diisi sampah. Makanya yg ketempatan tempat sampah marah2. hehehe...

"Keep Bandung beautiful euy!" dari dulu kayaknya ada slogan itu, tapi ya sekedar slogan aja...

/me pusing setiap ngomongin komitmen !

emang komitmen apa sih?htt

@kusaeni:
Di dalam Islam mas Kus tentu mengenal yang namanya "istiqomah", suatu kondisi dimana antara apa yang dipilih, diucapkan dan dilakukan selalu sejalan...

emang ironis.

ga bisa berharap banyak lah ya, klo di kota tempat bersarangnya para expert lingkungan aja ga memberi pengaruh apa2.

+++ tika

Expert must have his work publicated by international media? OMG... it's so typical academists that are living on their ivory tower...

For me, experts can be anyone. Anyone that can put their knowledge to good use. Not just commenting on TV or writing to the media, but helping building a better society through his/her knowledges.

@tika:
Ya begitulah, mungkin banyak orang awam yg punya kesimpulan sama dengan mbak Tika.

@oskar syahbana:
I do strongly agree with you, but maybe it is still quite difficult to find those kind of experts in our country.

Slank said: empty barrell sounds loud...
The real experts don't speak loudly, they act sincerely.
I don't respect professors with heavy awards without real value to the society.
I respect those who concern and act to put the right went wrong

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares