« Home | One of the global warming effect » | Positive thing of Krakatau eruption » | WordPress Guides » | Bird flu reaches Africa » | Index finger and tongue » | Hydropolis: The First Undersea Hotel » | Meteorologist vs Oceanographer » | Are sea foods still good for you? » | Clever and Smart » | On-line journal facility » 

Tuesday, June 13, 2006 

Banjir Lumpur Sidoarjo

Ada diskusi yang menarik seputar bencana banjir lumpur yang menimpa beberapa daerah di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo yang berdekatan dengan daerah pengeboran gas milik PT. Lapindo Brantas. Beberapa media massa, dalam beritanya, secara eksplisit sudah langsung mendakwa PT. Lapindo Brantas sebagai penyebab banjir lumpur tersebut. Sementara itu, di kalangan ahli geofisika, geologi dan pertambangan ada beberapa pendapat pro dan kontra tentang sumber penyebabnya, tentunya berdasarkan data dan fakta.

Secara umum memang ada beberapa pemicu yang dapat mengakibatkan terjadinya semburan lumpur panas dan gas belerang dari bawah permukaan bumi. Salah satu pemicu yang umum adalah gempa bumi, namun aktivitas pengeboran juga bisa jadi pemicu jika terjadi drilling hazard atau "mal praktek" dalam proses pengeboran tersebut.

Ada dua pendapat yang berkembang di milis orang-orang yang banyak bergelut dengan masalah-masalah geofisika, geologi, dan pertambangan tersebut. Pendapat pertama menyatakan bahwa fenomena yang terjadi di Porong ini ada kemungkinan berhubungan dengan gempa bumi tektonik yang terjadi di Yogyakarta akhir Mei 2006 lalu. Sedangkan pendapat kedua menduga kejadian ini merupakan "mal praktek" yang telah dilakukan oleh PT. Lapindo Brantas dalam aktivitas pengeboran mereka.

Pendapat pertama didasarkan pada beberapa fakta yang ada yaitu bahwa jenis lumpur yang membanjiri beberapa desa di Kecamatan Porong berjenis lumpur sub surface, dan bukan lumpur pengeboran. Selain itu, bersamaan dengan terjadinya gempa di Yogyakarta, stasiun BMG Surabaya mencatat adanya goncangan di Surabaya II-III MMI dengan momen magnitude 3-3.9 MW. Di stasiun Karangkates tercatat III-IV MMI dengan magnitude 4-4.9 MW. Data seismik regional di wilayah ini menunjukkan beberapa gejala diapir. Ada lima titik semburan lumpur dan semuanya di luar titik sumur, permulaan semburan terjadi sejak Senin 29 Mei 2006-Kamis 1 Juni 2006.

Sementara itu pendapat kedua menduga kemungkinan terjadinya blow out akibat over pressure pada saat pengeboran dilakukan. Jika pihak pengebor salah dalam menangani masalah over pressure ini, maka kemungkinan terjadinya banjir lumpur akan cukup besar. Dan bisa jadi, akibat blow out ini, lumpur yang keluar tidak hanya terjadi di sumur pengeboran saja tetapi juga di tempat lain yang berdekatan dengan lokasi pengeboran. Biasanya sebelum pengeboran melewati zona over pressure ini, akan dipasang selubung untuk mengisolasi zona tersebut, dimana selanjutnya akan dilakukan perlakuan khusus berupa peningkatan berat lumpur pada zona yang diisolasi ini. Pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan kecermatan karena berhadapan dengan killing zone.

Pendapat mana yang benar? kita belum tahu pasti karena sejauh ini beberapa pihak masih terus mencoba untuk mengumpulkan data dan menganalisanya lebih lanjut.

Musibah terus menimpa kita, yang kita perlukan adalah kembalikan tujuan hidup kita kepada AGAMA, karenan tujuan hidup kita semua nya sudah melenceng dari yang ALLAH perintah kan, maka mari kita kembali taat kepada ALLAH.

Keputusan ALLAH dilangit tergantung amalan penduduk bumi, maka apabila amalan penduduk bumi baik, keputusan yang ALLAH turunkan pun akan baik, begitu juga kalau amalan penduduk bumi buruk maka keputusan ALLAH dilangitpun akan buruk.

Allah perintah kan kita untuk ibadah, tapi kita tidak bangun dan makmurkan mesjid, malah kita bangun pasar, tempat yang ALLAH benci.

Maka dengan kembali taat pada ALLAH, Insya ALLAH keputusan ALLAH akan menjadi baik, dan musibah musibah tidak akan ALLAH turunkan lagi.

Memang kelihatannya terjadinya lumpur tersebut sepertinya fenomena alam. Tetapi bila dikaitkan dengan banyak kejadian maupun peristiwa yang terjadi di Indonesia,ini adalah peringatan dari Allah SWT bahwa kita harus membersihkan diri dar angkara murka.

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares