« Home | Banjir lumpur hanya dianggap sebagai bencana? » | Banjir lumpur karena kesalahan Lapindo? » | Pemanasan global dan overheating » | Carbon sinks » | Bola, Bir, dan Demam Piala Dunia » | Banjir Lumpur Sidoarjo » | One of the global warming effect » | Positive thing of Krakatau eruption » | WordPress Guides » | Bird flu reaches Africa » 

Monday, July 17, 2006 

Gempa di lepas pantai selatan Jawa

Mungkin saja benar ada kaitan antara munculnya awan aneh yang terlihat di Bantul beberapa hari yang lalu dengan gempa yang hari ini terjadi berurutan di selatan Pulau Jawa, yang juga disertai tsunami di pantai selatan Jawa (Pangandaran, Cilacap, Kebumen dan Bantul).

Menurut catatan USGS, pada tanggal 17 Juli 2006 ini telah terjadi beberapa gempa secara berurutan di sekitar pantai selatan Jawa, yaitu:

  1. Pukul 15:19 di pantai selatan Jawa pada posisi 9.295°LS, 107.347°BT dengan kekuatan 7,2 pada kedalaman 48,6km (lihat informasi detail di sini).
  2. Pukul 16:05 di pantai selatan Jawa pada posisi 9.798°LS, 107.961°BT dengan kekuatan 5,7 pada kedalaman 10km (lihat informasi detail di sini).
  3. Pukul 16:13 masih di pantai selatan Jawa pada posisi 9.133°LS, 107.653°BT dengan kekuatan 6,1 pada kedalaman 46,6km (lihat informasi detail di sini).
  4. Pukul 17:09 masih di pantai selatan Jawa, pada posisi 8.860°LS, 107.799°BT dengan kekuatan 6 pada kedalaman 20km (lihat informasi detail di sini).
  5. Pukul 17:44 masih di pantai selatan Jawa pada posisi 9.043°LS, 107.777°BT dengan kekuatan 5,4 pada kedalaman 40,4km (lihat informasi detail di sini).
  6. Pukul 18:07 masih di pantai selatan Jawa pada posisi 9.486°LS, 107.732°BT dengan kekuatan 5,9 pada kedalaman 40,7km (lihat informasi detail di sini).

Dikabarkan, dan sesuai dengan peringatan yang diberikan oleh Pacific Tsunami Warning Centre dalam jurnalnya setelah kejadian gempa pertama seperti tersebut di atas, terjadi tsunami yang menghantam Pantai Pangandaran, Teluk Penyu dan Nusakambangan Cilacap, Pantai Ayah dan Suwuk Kebumen, dan pantai selatan Yogyakarta.

Sejauh ini, menurut berita, telah jatuh beberapa korban di lokasi-lokasi tersebut, yang akibat tsunami ini beberapa tempat terendam dan tersapu air laut. Sementara itu orang-orang di sekitar lokasi itu juga keluar dari rumahnya dan mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Bahkan di beberapa tempat sempat terjadi kecelakaan akibat padatnya arus lalu-lintas oleh orang-orang yang mencoba mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

Dilaporkan run up gelombang tsunami di sekitar Pantai Ayah Kebumen mencapai jarak 200 meter dari garis pantai. Dilaporkan juga bahwa sebelum terjadi tsunami, air laut terlebih dahulu mengalami surut, sama seperti ketika tsunami menerjang Aceh 26 Desember 2004 yang lalu.

jadi..ada hubungannya awan2 aneh sama gempa....
mmm..jadi inget postingan aku ttg awan aneh....
emang ada gempa lagi ya...

# rahma:
iya ada gempa di lepaqs pantai selatan Jawa, kerasa di Tasik, Garut, Bandung, dan Jakarta dan menimbulkan tsunami di pantai selatan Jawa.

Assalamualaikum wr wb,
Apakabar Mas Agus, kira kira tsunami ini tanda tanda apalagi mas ya? dan kira kira siapa yang menggerakkan lempeng bumi sampai bergeser dan menimbulkan gempa? apakah bergeser dengan sendirinya? apakah gejala alam? apakah....? apakah....?

menurut teori saya,sejak jutaan abad lalu atau berapalah anggkanya saya bukan ahlinya...
Indonesia itu kan bentuknya rada2 beda sendiri... tersebar aneh diequator...
mungkin ini akibat dari tsunami dan gempa2 besar sejak dahulu kala...mangkanya daratan2 kita bentuknya terpecah2 membetuk ribuan pulau...faktor terbentuknya pulau kan karna peristiwa alam juga...ada pulau yg kelelep ada yg muncul setelah bencana alam...
mungkin sejak dulu kita juga udah langganan gempa dan tsunami..cuman belom tsunami namanya...
(kedengeran sotoi nggak sih comment saya satu ini???...)
emang sih yg diatas yg mengatur segala2nya...tapi please deh kenapa sih beberapa oknum slalu menyalahkan tingkah laku manusia penyebabnya...
-----
disaster lagi... bikin parno...

# mister ius:

waalaikumsalam wr.wb.,

Tsunami yg terjadi bukan tanda2 mas, tapi itu memang bencana alam akibat gempa tektonik di lepas pantai selatan Jawa yang terjadi sebelumnya.

Kenapa mas mister nanya siapa yang menggerakkannya? eh tapi yang jelas bukan saya lho mas, suwer deh! :)

# rahma:

jangan terlalu mikirin komentar2 sinis orang2 yang menganggap dirinya yang paling beriman dan paling beramal sholeh. doain aja supaya mereka tobat dan sadar bahwa iblis sebenernya sudah berhasil menularkan dan menanamkan sifat tamak di dalam hatinya. kan iblis diusir dari surga karena ketamakannya, menganggap dirinya lebih baik dari ciptaan Tuhan lainnya. ;)

Post a Comment

My Digest

About me

  • I'm agus set
  • From Hamburg, Germany
about me
Google

Powered by Blogger
and Blogger Templates
Listed on BlogShares